Tanya pembaca: Rumah Sakit Yang Ada Fetomaternal?

Apa itu SpOG fetomaternal?

Fetomaternal adalah sub spesialisasi dari bagian kandungan dan kebidanan (obstetri dan ginekologi). Sub spesialisasi ini berfokus pada deteksi dan mendignosis kelainan pada fetal (janin) dan maternal (ibu).

Berapa biaya USG fetomaternal?

Selain untuk memeriksa kondisi kesehatan janin, USG fetomaternal juga sering dimanfaatkan orang tua untuk mengetahui jenis kelamin janin. Berbeda dengan biaya USG biasa yang relatif masih terjangkau, biaya untuk melakukan USG fetomaternal cukup mahal yakni berkisar antara Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta lebih.

Apa itu SpOG KFM?

KFM atau konsultan fetomaternal merupakan subspesialis obgyn yang mendiagnosa atau mendeteksi kelainan pada janin atau ibu. Pemeriksaan fetomaternal meliputi deteksi kelainan genetik, gangguan pembentukan organ, deteksi keguguran, kelahiran prematur, hingga screening untuk kelainan kromosom.

Fetomaternal untuk apa?

Dokter subspesialis fetomaternal dapat melakukan pemeriksaan, deteksi dini, dan penanganan jika janin mengalami kelainan genetik, gangguan pembentukan organ atau cacat bawaan lahir (kelainan kongenital), meninggal dalam kandungan, atau lahir prematur.

Apa perbedaan SpOG dan SpOG k?

Spesialis Obstetri-Ginekologi Konsultan – SpOG ( K ) – merupakan dokter spesialis II, sebagai pengembangan lebih lanjut dari dokter spesialis I ( SpOG ). Istilah Konsultan masih menimbulkan perdebatan. Ada yang memakai istilah Sub-spesialis, bahkan ada yang memakai istilah Super-spesialis.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Fasilitas Yang Ada Di Rumah Sakit?

Kapan waktu yang tepat untuk USG fetomaternal?

Pemeriksaan USG Fetomaternal biasanya dilakukan pada: Usia kehamilan trimester pertama yakni 11 – 13 minggu + 6 hari. Trimester kedua yakni 18 – 23 minggu + 6 hari. Atau sesuai dengan saran dari Dokter kandungan.

Apakah perlu USG Fetomaternal?

Apa itu pemeriksaan USG fetomaternal dr. Danny dari Alodokter menjelaskan bahwa pemeriksaan fetomaternal disarankankan untuk dilakukan pada kehamilan yang memiliki risiko tinggi seperti adanya kelainan jantung, diabetes, keguguran berulang yang tidak diketahui sebabnya, penyakit asma, paru, lupus, atau thalasemia.

Apakah BPJS menanggung biaya USG?

BPJS Kesehatan hanya menanggung biaya USG yang dilakukan atas rekomendasi faskes 1 (fasilitas kesehatan tingkat 1), dan dilakukan pada Faskes yang bekerja sama dengan BPJS.

Apakah USG di Puskesmas bayar?

Sayangnya, di beberapa Puskesmas belum ada fasilitas USG sehingga bila ingin memastikan kondisi janin harus mengunjungi dokter spesialis kandungan. Tentu saja hal tersebut membutuhkan biaya karena USG tidak ditanggung BPJS kecuali untuk kondisi darurat.

Berapa gaji seorang dokter kandungan?

2. Ahli Obstetri dan Ginekologi/ Dokter Kandungan (Besar Gaji bisa Mencapai Rp2,9 Miliar)

M Biomed spesialis apa?

Dr. Lidya Kurniawan, M. Biomed, Sp.B adalah dokter spesialis bedah umum yang berpraktek di Eka Hospital Pekanbaru.

SpOG dokter spesialis apa?

dr. Noviyani Sugiarto, SpOG adalah Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (Obstetri dan Ginekologi) Tetap yang berpraktik di Rumah Sakit St Carolus.

Apa itu fetal scanning?

Dokter fetomaternal biasanya akan melakukan USG yang sering dikenal dengan fetal scan atau USG fetomaternal yang merupakan USG tiga dimensi atau empat dimensi, biasanya dilakukan untuk mendeteksi dini apakah ibu atau janin memiliki kelainan genetik, gangguan pembentukan organ tubuh, resiko terjadinya keguguran,

You might be interested:  Jawaban Cepat: Kombinasi Warna Yang Bagus Untuk Cat Rumah?

Apa perbedaan USG 2D dan 4D?

USG 2D adalah alat standar yang digunakan oleh setiap dokter spesialis kandungan untuk menilai tumbuh kembang janin. USG 3D adalah alat yang memberikan gambaran lebih baik layaknya melihat janin langsung di depan mata kita. USG 4D adalah alat yang dapat memperlihatkan gambaran janin yang bergerak.

Bagaimana Cara Membaca Hasil USG?

1. Membaca istilah dalam USG

  1. GA atau Gestational Age. Istilah GA yang tertera dalam foto USG adalah Gestational Age, Ma.
  2. CRL atau Crown Rump Length.
  3. GS atau Gestational Sac.
  4. BPD atau Biparietal Diameter.
  5. AC atau Abdominal Circumferencial.
  6. HC atau Head Circumferencial.
  7. FL atau Femur Length.
  8. FW atau Fetal Weight.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Yang Dimaksud Dengan Rumah Tangga Konsumen?

Rumah Tangga Konsumen merupakan sekelompok orang atau badan yang melakukan kegiatan konsumsi. Peran rumah tangga konsumen adalah mengkonsumsi nilai guna suatu barang atau jasa yang disediakan oleh produsen. Contents1 Jelaskan apa yang dimaksud dengan rumah tangga keluarga rumah tangga konsumen?2 Apakah yang dimaksud rumah tangga konsumen brainly?3 Apa yang dimaksud dengan rumah tangga konsumen dan […]

Apa Arti Rumah Type 36/72?

Sedangkan type rumah 36/72 memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah 72 meter persegi. Dilihat dari pembagian ruangannya, tipe rumah 36 banyak yang dibangun dengan spesifikasi ruang berupa 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang tamu juga dan 1 dapur serta kamar mandi. Contents1 Rumah tipe 36 itu ukuran berapa?2 […]