Jawaban Cepat: Mengapa Rumah Adat Papua Barat Disebut Rumah Kaki Seribu?

Rumah Kaki Seribu adalah rumah adat asli dari penduduk Suku Arfak yang menetap di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Rumah adat tersebut dijuluki demikian karena menggunakan banyak tiang penyangga di bawahnya, sehingga jika dilihat memiliki banyak kaki seperti hewan kaki seribu.

Apa nama rumah adat di Papua Barat?

Keragaman suku di Papua dapat dilihat ari beberapa rumah adat yang memiliki ciri khas sesuai suku. Tetapi, nama rumah adat Papua yang paling terkenal adalah rumah adat Honai.

Apa bedanya rumah kaki seribu dengan rumah panggung?

Rumah Kaki Seribu mempunyai bentuk yang tidak jauh berbeda dengan rumah panggung pada umumnya. Atap rumah ini terbuat dari rumput ilalang dan lantainya dari anyaman rotan. Dengan tinggi rata-rata sekitar 4-5 meter dan luas kurang lebih 8×6 meter, rumah ini cukup besar dan nyaman untuk menjadi tempat tinggal.

Apa nama rumah adat masyarakat Arfak?

Mereka menjulukinya Mod Aki Aksa. Rumah adat ini menjadi tempat bernaung Suku Arfak sejak ratusan tahun silam. Ratusan batang kayu digunakan untuk mendirikan rumah kaki seribu. Berbeda dengan rumah panggung pada umumnya yang menggunakan beberapa tiang besar utama sebagai penopangnya.

You might be interested:  Tanya pembaca: Pajak Jual Beli Rumah Ditanggung Siapa?

Apa nama rumah tradisional dari Provinsi Papua?

Rumah adat orang Papua yang disebut dengan Honai tersebut ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal saja akan tetapi sebagai tempat untuk menyimpan hasil ladang seperti ubi manis dan umbi-umbian lain.

Apa nama tarian dari Papua Barat?

Tari Tumbu Tanah atau Dansa Tumbu Tana merupakan tari tradisional khas masyarakat Arfak yang tinggal di Manokwari, Papua Barat.

Apa nama ibu kota dan nama rumah adat Papua Barat?

JAKARTA,iNews.id – Rumah adat Papua Barat yang paling terkenal yakni honai. Namun ternyata masih ada satu lagi rumah adat lainnya bernama rumah kaki seribu yang tak banyak orang tahu. Ibu Kota Papua Barat berada di Manokwari. Namun pusat bisnis daerah tersebut berada di Sorong.

Apa yang dimaksud dengan rumah kaki seribu?

Rumah adat tersebut merupakan rumah panggung yang bahan dasarnya dari kayu dan beratap alang-lang. Hanya terdapat dua pintu, di depan dan di belakang. Tidak ada jendela sama sekali. Hal yang unik adalah tiang penyangganya banyak disemua bagian, sehingga orang awam menyebutnya rumah kaki seribu.

Rumah Kaki Seribu disebut apa?

KOMPAS.com – Suku Arfak merupakan salah satu suku di Indonesia yang berada di Papua Barat. Penduduk suku Arfat memiliki rumah adat bernama rumah Kaki Seribu atau dikenal Mod Aki Aksa (Igkojei). Rumah adat tersebut merupakan rumah panggung yang bahan dasarnya dari kayu dan beratap alang-lang.

Apa keunikan dari rumah kaki seribu?

Uniknya, Rumah Kaki Seribu tidak memiliki jendela, dan hanya memiliki dua pintu, yaitu pintu depan dan pintu belakang. Selain bisa melindungi penghuni rumah dari binatang liar dan lebih hangat, rumah panggung yang tertutup tanpa jendela dipercaya aman dari gangguan roh-roh jahat.

You might be interested:  Tanya pembaca: Prosedur Yang Dilakukan Pada Tahap Awal Pembuatan Miniatur Rumah Adalah?

Apa nama rumah adat Jayapura?

Rumah Kariwari merupakan rumah tradisional Suku Tobati-Enggros yang tinggal disekitar Teluk Yotefa dan Danau Sentani, Jayapura. Bangunan rumah Kariwari ini cukup unik karena berbentuk limas segi delapan yang terbuat dari kayu besi, bambu, dan daun sagu hutan.

Apa rumah adat Kendari?

Rumah Adat Laikas Laikas merupakan rumah adat dari suku Tolaki yang mendiami di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara. Beberapa daerah yang ditinggali suku adat tersebut terdiri dari Kota Kendari, Konawe Selatan, Kabupaten Konawe, Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Utara, dan Konawe Utara.

Apa rumah adat Kupang?

Ume Le’u (dibaca: Ume Leu) atau disebut juga dengan Ume Alat atau Lopo Nak Ume adalah sebutan untuk rumah adat tradisional suku “Atoni Pah Meto”, yang umumnya terdapat di daerah Kabupaten Timor Tengah Utara, tetapi juga ada di Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Belu, provinsi Nusa Tenggara

Bagaimana bahan rumah adat dari daerah Papua?

Papua terkenal dengan budayanya yang beranekaragam, salah satunya adanya rumah adat dengan nama Honai. Honai merupakan rumah adat Papua khususnya di Bagian Pengunungan. Di mana bentuk dasar rumah Honai adalah lingkaran dengan rangka dari kayu dan berdinding anyaman serta atap kerucut yang terbuat dari jerami.

Apa keunikan rumah Honai Papua?

Bentuknya yang Unik Keunikan rumah Honai yang paling mencolok adalah bentuknya mungil dan menyerupai jamur. Bahan pembuatannya juga cukup sederhana, yaitu terdiri dari kayu dan jerami saja.

Apa saja keunikan rumah adat Papua?

Keunikan rumah adat Papua Honai sudah terlihat dari bentuk rumahnya yang menyerupai jamur. Ditambah lagi materialnya yang terbuat dari kayu dan beratap jerami. Namun yang paling membuat penasaran adalah arsitekturnya. Meskipun tampak kecil dan sederhana, Honai mampu menampung banyak anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sering ditanyakan: Yang Dimaksud Dengan Rumah Tangga Konsumen?

Rumah Tangga Konsumen merupakan sekelompok orang atau badan yang melakukan kegiatan konsumsi. Peran rumah tangga konsumen adalah mengkonsumsi nilai guna suatu barang atau jasa yang disediakan oleh produsen. Contents1 Jelaskan apa yang dimaksud dengan rumah tangga keluarga rumah tangga konsumen?2 Apakah yang dimaksud rumah tangga konsumen brainly?3 Apa yang dimaksud dengan rumah tangga konsumen dan […]

Apa Arti Rumah Type 36/72?

Sedangkan type rumah 36/72 memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah 72 meter persegi. Dilihat dari pembagian ruangannya, tipe rumah 36 banyak yang dibangun dengan spesifikasi ruang berupa 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang tamu juga dan 1 dapur serta kamar mandi. Contents1 Rumah tipe 36 itu ukuran berapa?2 […]